Cara Menghemat Battery Android

Banyak sekali faktor yang dapat menguras kekuatan baterai android.

Bahkan aplikasi menghemat baterai terbaik pun tidak bisa bekerja maksimal untuk menghemat baterai hp android.


Kehabisan baterai pada momen-momen penting terkadang memang menyebalkan. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai.

Berikut beberapa cara mudah untuk menghemat daya baterai yang dikutip berbagai sumber.

1. Matikan fitur getar (vibrate)
Fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa.

2. Tutup aplikasi yang jarang dipakai
sebaiknya tutup aplikasi yang jarang dilihat seperti itu. Sebab, sebenarnya aplikasi itu tetap berjalan di background, meski Anda tidak melihatnya sepanjang satu minggu itu. Berjalan di background berarti tetap memerlukan daya pemrosesan.

3. Jangan "streaming"
Kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik via YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini akan "memaksa" sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis.

4. Redupkan layar
Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

5. Turn Off GPS
Penggunaan GPS ini menghabiskan konsumsi daya boros yang mengurangi drastis daya hidup baterai anda. Oleh karena itu untuk menghematnya anda ketika tidak sedang berada dalam perjalanan maka fitur GPS lebih baik dimatikan saja. Pengguna Android sering lupa untuk mematikan GPS padahal tidak sedang berada pada perjalanan yang kemudian membuat konsumsi baterai menjadi boros. Sehingga mematikan fungsi GPS ini adalah salah satu cara menghemat baterai android yang terbaik.