Bingung cara Penggunaan USB OTG, Berikut Caranya!

Kesuksesan dari USB Flash Drive memang cenderung lebih memudahkan untuk para penggunanya dalam melakukan sebuah proses transfer data dari perangkat PC atau Laptop yang mereka gunakan. Jika kita lihat pada era sebelumnya , dimana mereka hanya menggunakan disket atau CD sebagai tempat penyimpanan data yang akan kita pindahkan ke peranagkat PC lainya, kini kita semakin dimudahkan dengan keberadaan USB Flash Drive. Fitur ini sendiri lebih unggul dari segi ruang penyimpanan dimana USB Flash Drive lebih unggul dari disket atau biasa kita sebut dengan CD-R.

Selaras dengan kemajuan teknologi yang ada, kini USB pun sudah bisa kita gunakan untuk perangkat smartphone atau bisa kita kita gunakan untuk perangkat yang buka berjeni PC ataupun Laptop. Kamu tentu bisa untuk menghubungkan antara USB ke perangkat smartphone maupun tablet dengan menggunakan USB On-The-Go atau OTG. Jika kamu belum terlalu memahami apa itu USB OTG ? Ini saya akan berikan sedikit penjelasan dari USB OTG itu, USB OTG adalah spesifikasi standart untuk sebuah koneksi USB yang akan lebih memungkinkan bagi perangkat seperti smartphone maupun tablet untuk membaca data dari koneksi USB tanpa dengan perhubungan antara PC ataupun komputer.

Nah tentunya kamu mungkin sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan USB OTG tersebut. Namun bagi kamu yang tidak faham dengan cara penggunaan USB OTG ? akan ulasakan tips cara menggunakannya sedetail mungkin , supaya lebih bisa untuk kamu pahami.

Cara Mengetahui Perangkat Android Sudah Support USB OTG

Sebelum saya berikan penjelasan mengenai cara untuk menggunkaan fitur USB OTG terlebih dahulu, saya akan mendahulukan dulu bagi anda untuk mengetahui bahwa sudah tidaknya perangkat yang kamu gunakan adalah perangkat smartphone yang sudah support USB OTG . Sejatinya memang tidak semua smartphone sudah mendukung fitur seperti ini, dan tidak semua tablet juga sudah kompatibel dengan fitur USB OTG. Namun kamu bisa melakukan pengecekan dengan smartphone yang kamu gunakan di tabel ponsel Profesorponsel, kalau saja ponsel nda masuk dalam ulasan kami dan kamu bisa mengetahui sudah belumnya ponsel yang kamu gunakan mendukung USB OTG.

Dan bila mana di kontak informasi spesifikasi dari perangkat kamu sudah bertuliskan support USB OTG, maka perangkat yang kamu gunakan sudah bisa kamu pasangkan USB OTG. Dan jika belum berarti kamu tidak bisa menggunakan USB OTG pada perangkat ponsel yang kamu gunakan. Namun jika kamu ingin lebih pasti untuk melakukan pengecekan kepada perangkat ponsel yang kamu gunakan, kamu bisa memakai sebuah aplikasi yang bisa melakukan sudah belumnya perangkat kita didukung dengan fitur USB OTG. Kamu bisa install saja aplikasi USB OTG Checker di Google Play Store untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail dan cepat pada ponsel maupun tablet yang kamu gunakan.

Yang Dibutuhkan Untuk Memakai USB OTG

Jika kamu sudah memastikan bahwa peranagkat smartphone yang kamu gunakan sudah medukung penggunaan fitur USB OTG, maka kamu sudah bisa membeli USB OTG di konter ataupun penjual online. Harga dari USB OTG sediri memang cukup bervarian tergantung si penjual memasang harga  jual USB OTG saatunya berapa, biasanya harganya tidak jauh dari Rp 50.000.

Namun saya sarankan kamu untuk membawa perangkat ponsel ataupun smartphone kamu ketika membeli USB OTG. Hal ini amat sangat kamu perlukan dikarenakan agar kamu bisa secara langsung mencoba USB OTG pada perangkat yang kamu gunakan di lokasi penjual, jika ada tidak kecocokan maka bisa kamu tukarkkan dengan yang lain. Jika kamu tidak membawa perangkat yang kamu gunakan untuk USB OTG , maka kamu tidak akan mengetahui jika port USB dari gadget kamu cocok tidak dengan USB OTG yang akan kamu beli. Harus kita tau bahwa port USB dari beragam merk ponsel android memang berbeda-beda, misal saja yang paling baru adalah USB Type-C. 

Cara Menggunakan USB OTG 

Jika kamu sudah menemukan USB OTG yang sangat pas dengan port USB dari perangkat yang kamu gunakan, dan ini adalah waktunya untuk kamu mencoba menghubungkan kabel USB OTG ke perangkat smartphone yang kamu gunakan.Kamu persiapkan terlebih dahulu USB yang sudah berisikan beberapa data (bisa file foto, video, musik), dan selanjutnya kamu ikuti beberapa tips dan cara-cara menggunakan USB OTG dengan benar yang akan di sampaikan Profesorponsel sebagai berikut :
  1. Kamu hubungkan USB Flash Drive dengan kabel USB OTG yang sudah kamu koneksikan dengan perangkat yang kamu pakai.
  2. Dan buka saja aplikasi File Manager yang ada pada peranagkat android atau smartphone kamu. Jika pada perangkat kamu tidak menyediakan aplikasi File Manager,saya sarankan kamu untuk terlebih dahulu menginstall File Manager yang bisa kamu unduh dari Play Store.
  3. Kamu cari nama file USB Flash Dive kamu di File Manager. Namun nama USB biasanya bisa berbeda-beda, akan tergantung dengan jenis perangkat yang digunakannya. Contoh mendasar yang akan saya berikan adalah contoh dari perangkat Asus yang pada umumnya mereka memeiliki file USB dengan nama Removable/USBdisk1.
  4. Cobalah kamu untuk membuka atau setidaknya menyalin file yang sudah ada pada USB kamu ke perangkat smartphone atau bisa juga tablet yang kamu pakai.
  5. Jika kmau sudah selesai dalam menggunakan USB OTG, jangan kamu asal cabut USB tersebut. Mencabut dengan asal USB yang masih tersambung bisa berdampak pada sistem yang bisa saja menjadi rusak pada perangkat maupun USB itu sendiri.
  6. Untuk melepas USB yang tersambang pada perangkat kamu, kamu tinggal masuk ke Settings > Storage > Klik Unmount External Storage di bagian USB Storage > Tunggu sampai proses ini selesai dan jika sudah , berarti sudah bisa untuk kamu cabut USB dari perangkat kamu.

Kegunaan USB OTG

Jika kamu berfikir kegunaan USB OTG hanya sebagai pembaca data dan juga membuka data dari USB Flash Drive, maka kamu berarti tidak terlalu mengetahui kegunaan aslii dari USB OTG itu sendiri. Dan untuk lebih mengetahui kegunaan lain dari USB OTG , ada baiknya jika kamu simak ulasanya sebagai berikut :

Memainkan Game dengan Controller

Xbox 360 Controller bisa bekerja lebih optimal dan baik, jika perangkat yang kamu gunakan sudah memiliki fitur dukungan USB OTG. Dengan USB OTG, kamu tentu akan llebih mudah dalam memainkan game dengan controller Xbox 360 yang akan menjadi lebih gampang tentunya.

Memainkan game berat seperti Asphalt 8 :Airbone atau bisa juga Modern Combat 5 pada perangkat kamu dengan controller ini akan kian menjadi lebih seru dan asyik tentunya.Tidak hanya bis menghubungkan Xbox 360 Controller pada perangkat yang kamu gunakan saja, USB OTG juga memiliki kegunaan lain yang bisa menghubungkan Playstation 3 Controller pada perangkat android atau tablet yang kamu gunakan.

Print Dokumen dari Perangkat Android

Mungkinkah kamu pernah menerima dan membuka sebuah email yang berisikan file yang harus sesegera mungkin untuk kamu cetak ? Namun kendala yang terjadi adalah kamu tidak mempunyai PC ataupun Komputer untuk mencetak dokumen penting tersebut menggunakan printer. Dan dengan adanya USB OTG, kamu tentu akan lebih tertolong dan bisa langsung mencetakan dokumen penting tersebut hanya menggunakan perangkat smartphone yang kamu gunakan dengan mudah.

Cara mencetak dokumen menggunakan USB OTG sangatlah mudah untuk kamun lakukan, kamu hanya perlu untuk menghubungkan perangkat yang kamu gunakan dengan printer cukup menggunakan USB OTG saja. Tentu dengan adanya USB OTG akan terasa lebih mudah dan jaul lebih mudah sebelum hadirnya USB OTG.

Menyambungkan Keyboard ke Perangkat Smartphone

Meski pada semua perangkat dengan sistem operasi android sudah disedikan Microsoft Office, namun tentunya kamu pasti jarang sekali untuk menggunakan fitur atau software  tersebut dalam pengoprasian ponsel yang kamu punya. Padalah software tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan pengetikan dengan jumlah yang sangat banyak layaknya pengetikan menggunakan PC dan juga Komputer.

Dan itu mungkin dikarenakan kita merasa cukup kurang nyaman jika mengetik harus dengan layar sentuh. Dan jika kamu merasakan hal tersebut kamu bisa menggunakan USB OTG untuk kamu hubungkan dengan perangkat keybord pada perangkat gadget yang kamu gunakan. Dan dengan begitu kamu bisa menemukan manfaat dari Microsoft Office yang ada pada smartphone kamu untuk kamu gunakan dalam menngetik ketikan degan jumlah yang sangat banyak. Namun saya akan menyarankan untuk kamu tidak membeli keybord atau mouse yang mewajibkan kamu untuk menginstall sebuah software khusu pada perangkat yang kamu punya, misalnya mouse Logitech T400.

Mengontrol Kamera DSLR Dengan USB OTG

Para Fotografer tentu sudah cukup tau dan menyukai fungsi lain dari USB OTG. Kita bisa menggunakan USB OTG untuk kita hubungkan dengan Kamera DSLR pada perangkat smartphone maupun tablet dengan melalui USB OTG itu sendiri. Dan hasilnya juga bisa kamu lihat dengan lebih jelas dan juga tanpa harus menggunakan PC ataupun Laptop.

Ponsel android ataupun jenis smartphone lainya bisa kamu gunakan sebagai live screen raksasa untuk menunjukan beberapa hasil foto dari kamera DSLR. Namun ada beberapa hal yang harus kamu pahami, jika beberapa kamera akan membutuhkan aplikasi untuk phak ketiga. Aplikasi ini sendiri harus kamu install pada smartphone kamu untuk dapat menyaksikan secara live screen  hasil foto dari kamera yang kamu gunakan.

Dan ini semua adalah cara untuk menggunkaan USB OTG dan beserta beberapa fungsi lain dari USB OTG yang sarat dengan manfaat. Dan apakah kamu memang benar-benar berminat untuk menggunakan fitur USB OTG yang mungkin sudah bisa kamu gunakan pada gadget yang kamu gunakan. Kamu juga harus memastikan secara pasti jika smartphone yang kamu gunakan sudah mendukung fitur USB OTG, jika tidak maka kamu tentu tidak bisa menggunakan USB OTG dan membelinyapun akan menjadi sia-sia saja.